Tagline Kami
SH Terate Cabang Ponorogo Berkomitmen "TERDEPAN MEMBANGUN PERSAUDARAAN"

Kangmas R. Moerjoko HW : Menguri-Uri Kesenian Reog, Sejalan Dengan Pencak Silat

Foto : Kangmas R. Moerjoko HW bersama Ketua SH Terate Cabang Ponorogo serta jajaran Pengurus Cabang, di Rumah Dinas Bupati, Senin (17/07/2026).

PONOROGO I shteratecabponorogo.or.id – Tak hanya sekedar berpartisipasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun turut serta melestarikan kebudayaan warisan leluhur berupa Reog Ponorogo. Pelestarian ini, tentu sangat seiring dan sejalan dengan pencak silat.

Hal itu terbukti dengan tampilnya group Reog Krida Satria Tama SH Terate Pusat, dipanggung utama alun-alun Ponorogo pada gelaran Festival Nasional Reog Ponorogo (FRNP) ke XVIII, Grebeg Suro 2023, Senin malam, (17/07/2026). Penampilan gruop reog dengan nomor urut 26 disoraki meriah oleh para penonton yang hadir seraya memberikan dukungan.

“Saya berterima kasih kepada Group Reog Komisariat SH Terate padepokan pusat Madiun. Bahwa penampilannya sudah semakin baik, semakin kompak. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih kompak lagi dan bisa meraih prestasi yang semakin tinggi,” kata Kangmas R. Moerjoko HW selaku Ketua PSHT Pusat Madiun.

Kangmas R. Moerjoko HW sapaannya mengungkap selain mengikuti FNRP XVIII di gelaran Grebeg Suro 2023, Group Reog Krida Satria Tama juga disiapkan untuk ikut festival Reog Internasional. Ia menyebut, kegiatan akan diadakan di Surakarta.

“Kalau tidak salah saya dapat informasi, akan diselenggarakan di Solo nanti. Mudah-mudahan nanti group reog dari komisariat bisa tampil juga,” jelasnya.

Kangmas R. Moerjoko HW menyampaikan Reog adalah warisan budaya bangsa. Sehingga sangat seiring dan sejalan dengan pencak silat.

“Oleh karena itu, kita juga berkomitmen untuk menjaga, untuk menguri-uri budaya bangsa Indonesia ini. Sehingga jati diri sebagai bangsa Indonesia akan tetap bisa kita pertahankan sampai kapan pun,” tegasnya.

Sementara itu, Kangmas Moh Komarudin selaku Ketua Cabang SH Terate Ponorogo, Pusat Madiun menambahkan sangat bersyukur karena keluarga besar PSHT, bisa mengayubagio, mengikuti dan menyaksikan gelaran FNRP XVIII, Grebeg Suro 2023. Ia berharap group Krida Satria Tama bisa mendapatkan hasil yang bagus.

“Dengan perkembangan yang dilakukan oleh parogo-parogo reog, luar biasa. Sehingga group reog Krida Satria Tama, komisariat Padepokan Agung SH Terate, pusat Madiun, bisa menampilkan yang terbaik,” pungkasnya.

  • Reporter : Eko Yoga.
  • Editor : HUMAS-CABANG/ANG.
banner 336x280